Seputar Dunia Teknologi Informasi

Minggu, 24 Juni 2012

Chipset dan Prosesor


ChipsetProsesor
Pada saat membeli computer, biasanya yang dilihat adalah kecepatan prosesor. Dan kebanyakan orang hanya mengetahui prosesor tanpa mengetahui apa itu chipset.sering orang bertanya apa itu chipset dan bagaimana perannya dalam computer. Jika boleh dibilang prosesor ibarat otak computer dan chipset adalah tulang belakangnya. Jadi kedua perangkat tersebut saling bekerjasama.
Chipset ada dua istilah yaitu; North Bridge dan South Bridge. North Bridge merupakan chip yang terdapat pada motherboard dan berfungsi untuk mengatur aliran data antara Prosesor dengan Port AGP serta memory. Oleh karena itu chip ini paling dekat dengan prosesor.
Sedangkan South Bridge yang bertugas mengatur aliran data ke berbagai drive, berbagai card I/O, PS/2, Sound, port pararel, dan port serial. Chip ini juga terdapat pada motherboard.
Kedua chip tersebut adalah chipset. Hanya saja North Bridge lebih dikenal disbanding South Bridge. Sehingga kebanyakan orang menyebut chipset adalah Nort Bridge. Adapun contoh chipset yaitu, Intel 865, Intel 875, ATI Radeon 9100 IGP, SIS 775 dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar